Healing Sejenak di Embung Arga Palung

5 Jun 2022
admin spora
51
0

Bantengan memiliki potensi alam yang banyak dan menarik untuk dijelajahi. Salah satunya dengan keberadaan Embung Arga Palung di Dukuh Dungpalung, Dusun Bantengan, Desa Bantengan, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung. Terletak di pegunungan, embung yang masih terus dikembangkan ini memiliki keasrian yang sangat alami dan terjaga. Pepohonan dan rumput yang hijau akan memanjakan mata pengunjung dan menghilangkan penat dari hiruk pikuk kehidupan.

Seperti bendungan mini pada umumnya, selain digunakan untuk sarana berwisata, embung juga digunakan untuk kehidupan masyarakat sekitar. Petani menggunakan embung sebagai sarana irigasi yang akan dialirkan ke sawah-sawah warga. Air dari embung diperoleh dari tampungan air hujan dan air terjun kecil yang berasal dari sumber di atas pegunungan. Banyak juga para pemancing yang datang ke sini sore hari. Keberadaan air terjun mini di seberang barat embung menambah nilai keindahan di embung. Air embung yang hijau selaras dengan warna pepohonan di sekitar membuat kesan asri dan segar. Terdapat pula jembatan untuk mempermudah akses ke sisi lain dari embung.

Lokasi embung tidak begitu jauh dari Kantor Balai Desa Bantengan. Lebih mudahnya cukup buka google maps dan ketik “Embung Bantengan” pasti akan muncul. Untuk akses jalan memang belum begitu baik terutama ketika mendekati lokasi embung, jalanan cukup sempit hanya muat untuk satu mobil. Namun, semuanya akan terbayarkan ketika melihat pemandangan di Embung Arga Palung. Duduk bersantai,dan menghabiskan waktu untuk menghirup udara yang segar di sini pasti sangat menyenangkan.

 

Tinggalkan Balasan