SUKA CITA PETANI MENYAMBUT MUSIM PANEN “RITUAL METIK PADI”

23 Jun 2021
Admin Spora
76
0

Hamparan tanaman padi yang Nampak menguning menandakan musim panen yang akan segera tiba, petani di desa sembon Kec, Karangrejo menyambut dengan suka cita musim panen di awal tahun ini di tengah pandemi COVID 19. Puji syukur yang tak terhingga kepada Tuhan  YME masih bisa menikmati panen awal tahun ini.
Di awali dengan diadakannya Ritual Metik Padi oleh para petani di desa Sembon Kec. Karangrejo Kab. Tulungagung yang sekian lama punah kini tumbuh kembali. Ritual ini diharapkan akan dilaksanakan setiap menjelang musim panen tiba. Petani di desa Sembon yang mayoritas bertanam padi sangat antusias dengan adanya kegiatan tersebut, selain sebagai bentuk rasa Syukur kepada Tuhan YME, kegiatan ini juga dapat menumbuhkan sikap gotong royong dan solidaritas diantara petani di desa Sembon.
Proses yang dilakukan dalam ritual Metik Padi ini di mulai dari penentuan hari baik, kemudian mulai mempersiapkan sesaji dan pelaksanaan ritual di sawah oleh sesepuh desa dengan beberapa tahapan yang dilakukan salah satunya meletakkan sesaji di tiap pojok sawah sambal membaca mantera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *