Pengembalian Prasasti Watu Joli ke Puncak Gunung Budeg

29 Okt 2018
139
0

Sabtu, 27 Oktober 2018, sejumlah warga Desa Tanggung beserta perangkat desa, anggota karang taruna, dan beberapa pecinta alam Tulungagung melakukan prosesi pengembalian Prasasti Watu Joli ke puncak Gunung Budeg.  Acara dimulai pukul 13.00 WIB dengan selametan bersama warga untuk mensyukuri kembalinya benda bersejarah itu.

Watu Joli adalah salah satu benda dari batu yang bernilai arkeologis. Pada tahun 2006, benda serupa lumpang batu dan tutupnya setinggi 60 sentimeter ini dilaporkan hilang. Namun prasasati yang diketahui berasal dari situs purbakala Goa Tritis yang berlokasi di Gunung Budeg ini ditemukan kembali pada tahun 2012.

Usai selametan, acara dilanjutkan dengan diusungnya Prasasti Watu Joli ke puncak Gunung Budeg dengan diiringi oleh tokoh masyarakat, pecinta alam dan masyarakat sekitar.  Kepala Desa Tanggung, Suyahman, juga turut naik ke puncak Gunung Budeg untuk mengantar kembali prasasti tersebut didampingi oleh Agus, pengelola Gunung Budeg.

Pengambalian prasasti ini diharapkan dapat memberi pelajaran kepada masyarakat tentang pentingnya sejarah. Kasus-kasus pencurian benda purbakala diharapkan juga tidak terulang kembali sehingga terjaga kelestariaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *