Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Mobil Training Unit (MTU) UPT Balai Latihan Kerja ( BLK ) Tulungagung 14 Maret 2019 Warta Desa

15 Mar 2019
Fajar Riadi
757
0

Pada Tanggal 18 Februari – 14 Maret 2019 , UPT Pelatihan kerja / BLK Tulungagung mengadakan Pelatihan Teknologi Finishing kayu di desa Manding. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengenalan teknologi tepat guna di bidang industri perkayuan kepada masyarakat atau kelompok pertukangan yang ada di Desa Manding, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung.

Ada sebanyak 16 orang peserta pelatihan yang terdiri dari 2 kelompok pertukangan. Kegiatan pelatihan ini di inisiasi oleh UPT Pelatihan kerja / BLK Tulungagung dengan dana yang berasal dari dana APBN.

Latar belakang terlaksananya kegiatan ini adalah kurangnya pengetahuan kelompok pertukangan Desa Manding tentang teknologi finishing kayu, desain dan inovasi produk serta strategi pemasaran berbasis teknologi Informasi. Berangkat dari hal ini, kegiatan pelatihan ini menjadi penting untuk dilakukan demi mengatasi permasalahan tersebut diatas.

Bapak Kamirin mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk membekali kelompok pertukangan Desa Manding dengan teknologi tepat guna berupa teknologi finishing kayu agar kelompok pertukangan ini dapat menghasilkan produk kayu yang memiliki nilai jual tinggi.

Kegiatan ini dilakukan selama 19 hari dengan rincian kegiatan dihari pertama berupa penyampaian materi tentang kayu sebagai bahan baku mebel, teknologi finishing kayu, desain dan inovasi produk, strategi pesaran dan bahan finishing ramah lingkungan. Sementara itu, pelatihan hari seterusnya berupa praktek finishing kayu yang dilakukan oleh setiap peserta menggunakan bahan finishing water based, oil based dan kombinasi antara keduanya.

Tinggalkan Balasan