Ngrendeng Adakan Ritual Tahunan Bersih Desa

14 Agu 2018
Admin
63
0

Setiap tahun Desa Ngrendeng melakukan upacara adat yaitu Bersih Desa. Pada tahun ini bersih desa dilaksanakan pada hari Jum’at Pahing tanggal 10 Agustus 2018 di Punden Desa Ngrendeng yaitu punden/pemakaman Mbah Sentonosari, yang konon katanya merupakan pendiri desa Ngrendeng.

Tujuan diadakan bersih desa adalah untuk nguri-uri atau melestarikan budaya dan menghargai (ucapan terima kasih) atas jasa-jasa para pendiri desa yang telah berjuang membangun desa hingga seperti yang dapat kita nikmati sekarang ini.  Selain mengadakan selamatan, di Punden  kita juga kirim doa dengan membaca tahlil yang ditujukan untuk para pendiri desa Ngrendeng.

Sementara di punden diadakan selamatan dan tahlilan di Balaidesa juga diadakan Khotmil Qur’an yang dilakukan oleh beberapa kyai dan ulama desa Ngrendeng yang dipimpin oleh Bapak Nur Sidik selaku Modin Desa.

Tahun ini kita tidak menggelar Wayang Kulit karena sesuai kesepakatan bersama dengan warga desa  dan berdasarkan kebiasaan turun-temurun maka gelar wayang kulit dan ruwatan akan dilakukan setiap 5 tahun sekali yang rencananya jatuh pada tahun 2020.

Puncak acara Adat Bersih Desa rencananya akan digelar yasinan massal yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2018 kembul kajat dengan malam tirakatan peringatan kemerdekaan RI yang bertempat di Gedung Serbaguna Desa Ngrendeng sekaligus peresmian Gedung tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *