Menilik Bumdesa Sinar Mulya Mulyosari yang Menjadi Terbaik II se-Jatim Tahun 2018

13 Nov 2018
93
0

Jika dikelola dengan sungguh-sungguh, Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) akan punya peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan warga desa setempat. Salah satunya ditunjukkan oleh Bumdesa Sinar Mulya di Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung.

Pada Oktober 2018 ini, Bumdesa Sinar Mulya sukses menyabet juara II lomba Bumdesa tingkat Jawa Timur. Menilik dari ragam usaha dan manfaat yang kini diperoleh desa, Bumdes yang berdiri sejak 2015 ini memang layak mengukir prestasi.

Saat didirikan, Program Jalin Matra (Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera) memberi kontribusi permodalan sebesar Rp.100.000.000,00 yang diperuntukkan untuk membuka unit simpan pinjam. Namun sebelumnya, Desa Mulyosari memang sudah memiliki ragam usaha yang potensial digarap sebagai bisnis yang menguntungkan.

Saat ini Bumdesa Sinar Mulya masih mengelola unit simpan pinjam yang digarap sejak awal pendirian. Kegiatan usaha dari unit ini adalah memberikan pinjaman modal untuk anggota dengan bunga 1,5 % dan batas pengembalian maksimal adalah 12 bulan dan juga melayani jasa penyimpanan bagi masyarakat yang ingin menabung.

Desa Mulyosari yang berada di wilayah perbukitan dan menjadi jalur lalu lintas utama di Kecamatan Pagerwojo memberi keuntungan tersendiri dalam usaha susu sapi. Pada tahun 2016, Bumdes mengelola bisnis yang sebelumnya dikelola oleh salah satu KUD.

Kegiatan unit bisnis susu sapi ini adalah menerima susu segar dari peternak dan menjualnya ke Pabrik Susu Nestle Kejayan Pasuruan. Setiap pagi dan sore para peternak sapi menyetorkan hasil perahan susu sapinya ke pengurus unit usaha susu Bumdesa Sinar Mulya untuk diolah lalu dan pada malamnya dilakukan proses pengiriman ke  Pabrik Nestle di Kejayan Pasuruan.

Melengkapi unit bisnis susu ini, Bumdesa juga menggarap bisnis penjualan konsentrat pakan sapi perah. Bumdesa membeli konsentrat dari Nestle dan menjualnya ke para peternak.

Tak berhenti dalam berinovasi bisnis, Bumdesa baru-baru ini membangun sebuah kawasan wisata yang bernama Wisata Agro Kahayangan. Di salah satu sudut desa yang asri kini didirikan sebuah kawasan wisata yang menawarkan kafe, arena outbond, serta kios bunga.

Menurut penelitian dari Nazri Abdul Hakim, mahasiswa IAIN Tulungagung, dari omset usaha yang diperoleh, Bumdesa Sinar Mulya sudah berhasil memberikan pembagian hasil usaha untuk Desa Mulyosari berupa 5% dari hasil usaha untuk Pendapatan Asli Desa dan juga dana sosial dan pendidikan sebesar 10% dari hasil usaha yang dilakukan.

Dengan  adanya pembagian hasil usaha Bumbdesa untuk Pendapatan Asli Desa dan juga untuk sosial dan pendidikan ini membuktikan bahwa Bumdesa mempenuyai peran dalam memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *