KUNKER TP-PKK KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM ACARA MONEV POKJA IV

23 Jun 2021
Admin Spora
44
0

 

Pada hari ini Selasa 6 Oktober 2020 bertempat dibalai desa Tamban sedang mengadakan timbang berat badan balita, sebagai kegiatan rutin posyandu balita pos II Dusun Bungur Desa Tamban Kecamatan Pakel, Pos II mempunyai balita sejumlah 72 anak, dari 253 balita se-desa Tamban,yang selalu rutin datang ke Posyandu setiap bulannya. begitu juga dengan Posyandu lainnya  didesa Tamban yang semua berjumlah 4 Pos.

Setiap minggu pertama tiap bulan mengadakan timbang berat badan balita disertai ukur tinggi badan untuk mengetahui perkembangan balita selama 5 tahun pertama sejak kelahiran. kegiatan ini sebagai penunjang dan ujung tombak penanganan program Zero Stunting yang dicanang kan oleh pemerintah.

Dalam kesempatan ini hadir pula Tim Penggerak PKK Kecamatan Pakel, Petugas Kesehatan PUSKESMAS Pakel, disertai bantuan berupa paketan gizi tambahan untuk beberapa keluarga balita yang perlu dibantu. Diserahkan oleh perwakilan TP-PKK Kabupaten, TP-PKK Kecamatan serta Bapak Camat Pakel Bapak ABUZEIN NASTA’IN.

Kenali Stunting dan Cara Pencegahannya!Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Umumnya disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Jika gizi tidak dicukupi dengan baik, dampak yang ditimbulkan memiliki efek jangka pendek dan efek jangka panjang. Gejala stunting jangka pendek meliputi hambatan perkembangan, penurunan fungsi kekebalan, perkembangan otak yang tidak maksimal yang dapat mempengaruhi kemampuan mental dan belajar tidak maksimal, serta prestasi belajar yang buruk. Sedangkan gejala jangka panjang meliputi obesitas, penurunan toleransi glukosa, penyakit jantung koroner, hipertensi, dan osteoporosis.

Dalam kesempatan ini tidak ada sambutan resmi namun saat berbincang bincang TP-PKK Kabupaten berpesan akan pentingnya datang ke POSYANDU setiap bulannya untuk mengetahui kondisi si kecil setiap bulannya gat terbebas dari Stunting atau penyakit lain karena kekurangan gizi atau perilaku hidup tidak sehat.

#ZERO_STUNTING

#AYO_KEPOSYANDU

teks asli : http://awalbros.com/anak/kenali-stunting-dan-cara-pencegahannya/

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *