Kemeriahan Acara Bersih Desa Ariyojeding

21 Agu 2017
689
0

Salah satu acara tahunan yang dilaksanakan di Desa Ariyojeding adalah tradisi Bersih Desa yang sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. Ritual ini juga dimaksudkan sebagai bentuk penghargaan dan rasa syukur masyarakat kepada Tuhan YME atas segala karunia yang diberikan. Tradisi Bersih Desa merupakan warisan turun temurun.

Ritual Bersih Desa diawali dengan acara selamatan atau kenduri di Balai Desa Ariyojeding. Selamatan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 09 Agustus 2017 pukul 19.00 WIB di Aula Balai Desa Ariyojeding. Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Ariyojeding bersama Perangkat Desa, BPD, LPM, PKK, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. Ritual dimaksudkan untuk mengungkapkan syukur kepada Tuhan, penghormatan leluhur desa dan doa keselamatan untuk masyarakat desa agar dijauhkan dari segala macam bencana.

Puncak acara Bersih Desa Ariyojeding ini masyarakat dihibur dengan diadakannya “Pagelaran Wayang Kulit” dengan Dalang Ki Minto Darsono dan “Pengajian Hj. Kharisma Yogi Noviana” dari Madiun. Acara ini bertempat di perempatan jalan yang terletak di pusat desa antara Dusun Gludug dan Dusun Jeding Lor dan dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2017 malam.

Acara Bersih Desa Ariyojeding ini dihadiri oleh Kepala Desa bersama Perangkat Desa Ariyojeding, BPD, LPM, Muspika, PKK, Tokoh Agama , Tokoh Masyarakat, dan Tamu undangan. Turut mengundang Bapak Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE, namun sayang beliau berhalangan hadir. Pagelaran Wayang Kulit dan Pengajian ini juga dipadati oleh penduduk Desa Ariyojeding dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *