Bukit Cemenung, Kisah Industri Kapur dan Mangan di Tenggong Masa Lalu

20 Jul 2017
1922
0

Desa Tenggong menyimpan sejarah masa kejayaan industri batu kapur dan mangan sejak masa penjajahan Belanda. Terbukti adanya sisa-sisa bangunan pabrik pengolahan mangan yang berada di Bukit Cemenung.

Keunikan dan daya tarik dari lokasi wisata ini adalah adanya bangunan besar dengan cerobong di bagian atasnya. Keberadaan bangunan bercerobong di Bukit Ceenung dikarenakan pada jaman dahulu daerah tersebut merupakan kawasan tambang kapur serta batuan mangan dan juga pabrik gamping (batu kapur). Sekilas bentuk bangunan yang ada mirip dengan model bangunan kincir di negeri Belanda. Sehingga anda bisa mengabadikan potret diri berlatarbelakang bangunan unik tersebut.

Pemandangan dari ketinggian memang selalu memberikan sensasi serta keindahan yang luar biasa. Memilih untuk berkunjung ke daerah perbukitan akan menjadi pilihan tepat untuk menyegarkan pikiran anda di sela tuntutan aktifitas sehari-hari.

Udara yang cukup dingin akan melengkapi perjalanan wisata anda di Bukit Cemenung. Menikmati keindahan alam tersebut akan memberikan ketenangan dan pengalaman menarik bagi anda saat mengunjunginya.

Tinggalkan Balasan