Satlinmas Harus Paham Tugas dan Fungsinya di Masyarakat

19 Apr 2018
578
0

Sebagai upaya peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Pemerintah Desa Kauman, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung bekerja sama dengan Polsek Kauman dan Koramil Kauman menggelar acara pelatihan bagi anggota Linmas se-Desa Kauman, Senin (16/04/2018). Pelatihan ini untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pengamanan pada saat pilkada.

Pelatihan dan pemberdayaan Linmas digelar di Balaidesa Kauman mulai pukul 07.30-11.30. Sebanyak 50 orang anggota Linmas dari desa Kauman mengikuti acara tersebut.

Kegiatan pelatihan tersebut dihadiri Muspika Kecamatan Kauman dengan narasumber dari Polsek, Koramil, serta Kasie Trantib.

Pada kesempatan ini, Kapolsek Kauman dalam paparan materinya menyampaikan, Satlinmas adalah satuan perlindungan masyarakat desa yang mempunyai tugas mendukung penanganan ketenteraman, ketertiban, dan keamanan penyelanggaraan Pemilu.

Tugas berikutnya adalah membantu membina masyarakat untuk meningkatkan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan.

Adapun tugas Satlinmas yang lain, sebagaimana disampaikan oleh Kapolsek Kauman, yakni membantu pemerintah daerah, kepolisian dalam harkamtibnas, membantu TNI dalam upaya pertahanan negara, dan membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa atau kelurahan.

Kegiatan pelatihan berjalan dengan tertib, seluruh peserta tampak antusias dan serius dalam mengikuti pelatihan tersebut.

Tinggalkan Balasan