Kelompok Tani di Jatimulyo Terima Kartu Tani

27 Jul 2018
Admin
27
0

Pemerintah Desa Jatimulyo bersama Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung dan BNI 46 Tulungagung membagikan Kartu Tani, Kamis, 26 Juli 2018 . Kegiatan dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pertanian, PPL Desa, perwakilan Bank BNI Tulungagung dan dua kelompok tani yaitu Kelompok Tani Jaya Mulyo (Wilayah Dusun Jabon dan Baran) dan Kelompok Tani Karya Mulyo (Wilayah Dusun Patikreco). Acara dibuka oleh Kepala Desa Jatimulyo Sugiyono yang dilanjutkan dengan penjelasan dari Agus mewakili PPL Desa Jatimulyo.

Kartu tani adalah alat transaksi berupa kartu debit sebagaimana kartu ATM yang dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi. Dari sisi petani kartu ini bakal memudahkan petani mendapatkan saluran pupuk bersubdisi dan berbagai fasilitas kredit usaha rakyat lainnya. Berbeda dengan fasilitas yang pemerintah yang lain yang seringkali berbelok pada sasaran yang lain, kartu tani tak bakal membuat pemerintah salah sasaran lagi karena untuk mendapatkan kartu ini pemerintah sudah melakukan verifikasi data para calon pemegang kartunya.

Di sisi lain, kartu ini akan memudahkan pemerintah khususnya Kementerian Pertanian dalam hal mengontrol peredaran pupuk di Indonesia. Cara ini dinilai paling praktis dan efisien bagi petani karena sistem transaksinya tidak lagi ribet. Hebatnya, melalui sistem kartu begini pemerintah bisa menjadi lebih mudah mengontrol distribusi pupuk dan proses pertumbuhan tanaman, hasil produksi pertanian yang sedang dijalankan para petani.

Kartu ini juga bakal menjadi kartu ampuh bagi petani untuk mendapatkan kredit bank ke program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan sebagainya. Model transaksi kartu ini juga termasuk mudah karena bakal mendapatkan layanan khusus. Harapannya kartu tani mulai bisa digunakan tahun 2019.

Untuk wilayah Desa Jatimulyo Kartu Tani yang dibagikan pada tahap ini berjumlah 92 Kartu dengan rincian 45 Kartu anggota Kelompok Tani Jaya Mulyo dan 47 Kartu anggota Kelompok Tani Karya Mulyo. Sedangkan untuk petani Desa Jatimulyo yang belum menerima kartu pada tahap ini akan menerima kartu tani pada tahap selanjutnya. Semoga dengan keberadaan kartu tani ini nasib para petani Desa Jatimulyo khususnya akan semakin baik, dengan mudahnya mendapatkan akses untuk membeli pupuk bersubsidi, mendapatkan pinjaman murah (KUR) dan para petani diharapkan bisa menabung di Bank.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *