Wana Wisata Goa Pasir

9 Mar 2018
Admin Spora
16
0

Mendengar nama Goa Pasir pasti yang terbayang adalah sebuah goa yang terletak di daratan berpasir dan gersang atau mungkin kita akan membayangkan sebuah goa yang di dalamnya banyak pasirnya. Tetapi setelah datang langsung ke lokasi, bayangan itu tidak akan pernah terbukti sama sekali. Kenapa namanya Goa Pasir?? Karena goa tersebut terletak di Dusun Pasir. lebih tepatnya Dusun Pasir, Desa Junjung, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung.

Lokasi Goa Pasir ini banyak menyimpan berbagai benda purbakala (Patung, berbagai pahatan/relief yang ada di antara bebatuan, makam kuno dan goa) yang dapat dijadikan obyek wisata sejarah maupun cagar budaya. Beberapa artefak dan arca nampak tersisadi pojok pelataran. Di batu-batu besar,  terpahat beberapa relief yang sepertinya tidak tuntas dikerjakan.

Sesuatu yang menarik di dalam ceruk Goa Pasir adalah terdapat tiga bagian relief . Di bagian tengah ceruk tampak relief seorang pria yang sepertinya sosok seorang raja, bangsawan atau kesatria dengan seorang wanita. Di sisi kanan dan kiri  tampak relief pria bersorban yg di kelilingi para wanita, wanita-wanita itu menggoda pria bersorban dengan kemolekan tubuhnya. Pada bagian ini, biasanya anak-anak muda yang bertamasya ke goa tersebut lazim menyebutnya dengan relief mesum atau relief erotis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *