Tirta Kencana Agung, Pokdakan Berprestasi dari Boyolangu

12 Feb 2018
Admin
158
0

Kabupaten Tulungagung dikenal sebagai salah satu sentra budidaya ikan. Tak heran jika di desa-desa muncul komunitas-komunitas pembudidaya ikan. Salah satunya adalah Tirta Kencana Agung, Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) dari Desa Boyolangu yang beberapa kali menjuarai kompetisi kelompok pembudidaya ikan baik di level daerah maupun nasional.

Menurut Misfani, Ketua Bidang Teknis Tirta Kencana Agung, komunitasnya berdiri sejak tahun 2010 silam. Kelompok ini bermula dari para pemuda pembudidaya ikan air tawar di desa yang ingin saling belajar dan mendukung pengembangan usahanya.

“Sejak awal berdiri, Tirta Kencana Agung berniat tidak hanya menjadi kelompok pebisnis di bidang perikanan, tetapi juga menjadi wadah edukasi bagi masyarakat,” kata Misfani. “Cita-cita kami ingin menjadikan Boyolangu sebagai desa mina wisata”

Oleh karenanya, selain menjalankan usaha pemijahan dan pembesaran ikan, mereka yang tergabung di dalam kelompok ini juga menggelar aneka pelatihan. Bahkan sejak lama kelompok ini telah menjalankan program swasembada pakan.

Salah satu wujud edukasi yang dijalankan Tirta Kencana Agung diwujudkan pada tahun 2016 ketika pengurus wahana edukasi ikan hias dibentuk. Mulai saat itu didirikan pula wahana edukasi ikan hias yang berukuran cukup luas di Desa Boyolangu.

Berbagai jenis ikan mas koki dapat menjadi objek belajar di sana seperti jenis ranchu, tossa, oranda, kaleko dan jenis ikan hias lainnya. Tidak hanya menampilkan berbagai jenis ikan hias, tetapi juga mengajak para pengunjung untuk belajar cara memberi pakan hias yang baik dan benar sesuai dengan teknik yang benar. Ini juga wujud memberi pendidikan kewirausahaan bagi para pengunjung.

Kunjungan Dinas Kabupaten Sragen

Tersedia pula arena bermain dan berbagai kegiatan untuk menambah wawasan anak-anak sekolah TK ataupun playgroup yang ingin berwisata.

“Dari segi bisnis, Tirta Kencana Agung menjalankan pula usaha pemancingan, warung, dan juga koperasi,” ujar Misfani. Aneka usaha ini, menurutnya, bertujuan untuk menjadikan para anggota komunitas makin mandiri. Yang terbaru, mereka sedang mendirikan rumah panggung sebagai salah satu wahana wisata edukasi.

Melihat kemandirian kelompok ini, tak heran jika dalam beberapa kali kesempatan mereka memenangi kompetisi kelompok pembudidaya ikan. Salah satunya mereka menjuarai kompetisi di tingkat Provinsi Jawa Timur pada tahun 2013, dan pada tahun berikutnya mewakili Jawa Timur menjuarai kompetisi serupa di tingkat nasional.

Sebagai pokdakan berprestasi, Tirta Kencana Agung kerap menjadi jujugan pokdakan-pokdakan maupun masyarakat pembudidaya ikan dari berbagai daerah untuk belajar. Dinas perikanan dari sejumlah daerah juga sering menjadi tamu studi banding untuk saling berbagi pengalaman di kelompok ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *