Timbul Jaya, Dari Bengkel Sederhana Jadi Penyuplai Industri Besar

21 Agu 2017
Admin
402
0

Desa Ngunut menjadi salah satu sentra UKM berbasis logam dan perbengkelan. Salah satu nama yang banyak dikenal adalah Timbul Jaya. Meski kini sudah dikenal banyak orang sebagai pembuat aneka macam alat rumah tangga dan mesin tepat guna, tak banyak yang tahu usaha ini bermula dari bengkel sederhana.

Diawali oleh Rifai pada tahun 1990, bengkel miliknya melayani las dan bubut biasa. Namun keterampilan Rifai dan layanan yang memuaskan membuat para pelanggan makin ramai.

Usaha Rifai yang terus berkembang membuat inovasi terus dilakukan. Jika dahulu hanya melayani perbaikan mesin, kini Timbul Jaya telah menjadi produsen alat-alat rumah tangga yang dipasok ke sejumlah vendor besar di kota-kota besar.

Sejumlah mesin yang kini rutin diproduksi jumlahnya ratusan jenis. Di antaranya yang paling banyak diproduksi hari ini adalah knalpot diesel dan parutan kelapa.

Salah satu keunggulan Timbul Jaya adalah kreativitas memanfaatkan barang-barang bekas. Misalnya dalam membuat knalpot, mereka memanfaatkan drum minyak yang sudah tidak terpakai.

Bermula dari usaha yang hanya dikerjakan seorang Rifai saja, kini Timbul Jaya mempekerjakan 50 orang karyawan. Dalam beberapa waktu ke depan, Timbul Jaya akan memperluas bengkel usahanya dan juga merambah usaha konveksi tenda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *