Sentra Tembakau Unggul

25 Feb 2018
Admin Spora
897
0

Tembakau menjadi salah satu komoditas unggulan Kabupaten Tulungagung. Tanaman ini dapat tumbuh baik di dataran rendah dengan paparan sinar matahari yang tinggi. Salah satu desa yang menghasilkan produk tembakau unggul adalah Desa Gempolan. Desa ini berada di Kecamatan Pakel. Banyak petani di desa ini yang menggantungkan perekonomianya pada budidaya tembakau. Sehingga bisa dibilang mata penahrian utama di Desa Gempolan adalah petani tembakau.

Pangsa pasar untuk tembakau tegolong tinggi. Hal ini berbanding lurus dengan banyaknya perokok yang ada di Indonesia. Untuk itu banyak petani Desa Gempolan tergiur untuk membudidayakan tembakau. Memang secara perhitungan ekonomi harga tembakau sangat tinggi, jika pada musim kemarau harga tembakau berada pada kisaran 60-70 ribu per kilonya. Hal ini disebabkan kualitas tembakau pada yang panen pada musim kemarau sangat bagus.

Selain pembudidaya tembakau, di Desa Gempolan juga terdapat usaha perajangan tembakau. Jadi setiap tembakau dari hasil panen akan dilakukan perajangan di tempat pengepulan. Setelah itu tembakau akan dijemur hingga aroma tembakau keluar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *