Marmer Tanggulkundung, mengilap tembus pasar internasional

6 Feb 2018
Admin Spora
13
0

Kabupaten Tulungagung merupakan daerah yang terkenal sebagai produsen atau sentra kerajinan marmer. Kerajinan marmer sudah ada sejak masa Pemerintahan Hindia Belanda yaitu sejak ditemukannya pertambangan marmer yang ada di Desa Besole, Kecamatan Besuki pada tahun 1934. Industri kerajinan marmer mulai dikenal masyarakat luas pada tahun 1972, kualitas kerajinan marmer yang ada di Kabupaten Tulungagung sangat bagus sehingga mampu menembus pasar internasional.

Produk kerajinan marmer yang ada di Kabupaten Tulungagung, memiliki persaingan dagang yang cukup ketat, hal ini dikarenakan banyaknya jumlah pengrajin yang lokasinya berdekatan, sehingga membutuhkan inovasi-inovasi baru dalam pembuatan produk. Produk kerajinan yang diproduksi oleh pengrajin marmer bersaing dalam segi kualitas, harga, dan pemasaran.

Desa Tanggulkundung merupakan desa yang menjadi sentra kerajinan marmer. Hampir disepanjang jalan utama yang ada di Tanggulkundung terdapat showroom yang menyediakan produk kerajinan marmer akan tetapi industri marmer yang ada di Desa Tanggulkundung masih kebanyakan berupa home industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *