Makin Mandiri Berkat Pakan Ternak Fermentasi

26 Agu 2017
1398
0

Edy memiliki usaha fermentasi pakan sapi untuk penggemukan yang mampu memproduksi pakan 5 kwintal dalam seminggu. Dia menggunakan berbagai jenis bahan untuk fermentasi pakan sapi ini antara lain kangkung kering, katul kasar dan halus, tepung kedelai, tepung jagung, garam, dll.

Satu kwintal pakan fermentasi ini dapat digunakan untuk 8 ekor sapi selama 6 – 7 hari. Penggemukan sapi melalui pakan fermentasi ini berlangsung selama 5 bulan untuk sapi dengan bobot sadang (sekitar 6 kwintal), dan 8 bulan untuk sapi dengan bobot sekitar 1 ton.

Edy mulai tertarik dengan usaha ini sejak mencari pakan alternatif untuk sapi-sapi miliknya dengan letak peternakan yang cukup jauh dari sumber bahan pakan. Kandang yang cukup jauh mengharuskan Edy membeli pakan dalam jumlah besar yang kemudian disimpan.

Pakan yang disimpan terlalu lama akan layu, nutrisinya bekrurang, dan parahnya dapat mengakibatkan ternak kehilangan nafsu makan. Karena alasan ini, Edy beralih ke pakan ternak fermentasi. Pakan ternak dengan cara fermentasi dapat disimpan dengan waktu yang lebih lama dan tidak cepat layu, sehingga nutrisi pakan tetap terjamin. Melihat manfaatnya terhadap sapi miliknya Edy memutuskan untuk berkecimpung dalam usaha fermentasi pakan ternak sapi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *