Cita Rasa yang Khas dari Produk Ikan Asap

20 Mar 2018
Admin Spora
14
0

Ikan menjadi sajian pelengkap makanan bersama nasi. Apalagi kandungan gizi pada ikan sangat baik bagi kesehatan. Maka dari itu banyak berbagai macam olahan ikan yang tumbuh demi menambah cita rasa masakan di berbagai daerah. Salah satunya adalah ikan asap. Bentuk olahan ini menjadi inovasi tersendiri bagi masyarakat secara turun temurun. Selain mempunyai cita rasa yang khas, olahan ikan dengan cara diasapi dapat dijadikan saranan untuk mengawetkan produk ikan tersebut.

Di Kabupaten Tulungagung tepatnya di Desa Bangunmulyo, terdapat rumah produksi untuk olahan ikan asap. Cara pengasapanya yaitu dengan menusukan tusuk bambu ke dalam badan ikan. Kemudian ikan tersebut ditaruh diatas tubgku pengasapan. Sumber dari asap berasal dari limbah serabut kelapa yang terbilang cukup melimpah di daerah tersebut.  Asap yang berasal dari serabut kelapa dipercaya mempunyai aroma yang khas, sehingga menambah cita rasa tersendiri untuk produk olahan ikan asap.

Untuk pemasaran ikan asap dilakukan disekitar Desa Bangunmulyo, atau di wilayah kecamatan pakel. Biasanya ada beberapa pengepul yang mengambil hasil olahan ikan asap milik warga, yang kemudian di bawa ke pasar untuk dijual. Usaha ikan asap ini bisa dibilang cukup menguntungkan, dikarenakan konsumen dali produk ini cukup banyak, sehingga produksinya bisa dilakukan setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *