Belajar dan Berwisata ke Kampung Susu Dinasty

1 Mar 2018
Admin Spora
346
0

Bosan bertamasya ke wisata alam yang itu-itu saja? Atau ingin mengajak si buah hati ke pelesiran sambil belajar? Cobalah berkunjung ke Kampung Susu Dinasty, sebuah peternakan sapi perah yang dikonsep sebagai sebuah sarana bermain dan belajar.

Kampung Susu Dinasty berada di Desa Sidem, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Semula memang sebuah peternakan sapi perah. Namun seiring dengan kebutuhan akan sarana wisata edukasi di wilayah Tulungagung, konsepnya sedikit digeser menjadi taman wisata dan belajar.

Di Kampung Susu Dinasty, para pengunjung dapat melihat langsung bagaimana sebuah peternakan sapi perah dikelola secara semi modern. Tidak kurang dari 40 ekor sapi perah ada di sini. Tidak hanya melihat, pengunjung juga boleh mempraktikkan cara membuat pakan, membersihkan kandang dan sapi, dan memberi makan.

Pengalaman seru dan banyak digemari pengunjung yaitu memerah susu langsung dari sapinya. Menarik, bukan?

Pengunjung juga akan memperoleh edukasi tentang pengolahan susu segar sampai menjadi susu siap minum dalam kemasan. Bahkan pengunjung juga akan memperoleh edukasi tentang pengelolaan kotoran ternak menjadi biogas.

Selain peternakan sapi, pengunjung juga bisa melihat peternakan kuda. Jumlahnya memang tidak sebanyak sapi. Kuda-kuda di sini juga digunakan sebagai transportasi wisata. Anak-anak diperbolehkan menaiki kuda berkeliling Kampung Susu dengan dikawal seorang pemandu.

Jika masih kurang seru juga, cobalah mengunjungi ternak lainnya. Anak-anak juga bisa melihat dan bermain dengan kucing-kucing dan kelinci-kelinci yang diternakkan di sini.

Melihat semua fasilitasnya, wisata di sini memang cocok untuk para siswa usia dini sampai remaja. Tak heran jika hari libur Kampung Susu Dinasty selalu ramai pengunjung.

Jika Anda ingin berwisata ke Kampung Susu Dinasty, jalurnya cukup muda. Dari arah kota Tulungagung ambillah jalur menuju ke arah barat (arah ke Kabupaten Trenggalek). Memasuki wilayah Kecamatan Gondang, Anda akan memasuki Desa Notorejo. Di Notorejo aka nada plang petunjuk (kanan jalan) menuju Kampung Susu Dinasty. Ikutilah terus papan penunjuk tersebut bertemu dengan perempatan yang terdapat jembatan di kiri jalan. Belok kanan sampai menemukan perempatan Balai Desa Notorejo, Ambil jalur kiri kemudian berjalan terus, Sampai menemukan pertigaan Masjid.

Kemudian belok ke kiri mengikuti jalur utama tersebut sampai ketemu lokasi Tempat Wisata Edukasi Kampung Susu Dinasty.

Ayo! Ajak keluarga dan buah hati Anda berwisata sambil bermain di Kampung Susu Dinasty! Pokoknya seru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *