Jalan-jalan ke Wonorejo dan Ranu Gumbolo

13 Agu 2017
1535
0

Akhir pekan adalah waktu yang tepat jika Anda ingin menikmati wisata air waduk Wonorejo dan Ranu Gumbolo di Kabupaten Tulungagung. Bayangkan jika Anda telah bersibuk ria di hari kerja dan menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di sebuah danau dengan pemandangan khas pepohonan pinus di kanan dan kirinya. Udara yang sejuk dan hijaunya suasana tentu memanjakan mata dan pikiran.

Waduk Wonorejo adalah sebuah bendungan terpenting di Kabupaten Tulungagung. Bendungan ini menjadi penampung dan pemasok air untuk kawasan Tulungagung bagian utara, terutama di wilayah Kecamatan Pagerwojo.

Sedangkan Ranu Gumbolo sebenarnya juga bagian dari perairan Waduk Wonorejo. Hanya saja karena airnya mengaliri cekungan mirip sungai yang lebar dan berkelok-kelok melintasi hutan pinus, pemandangannya menjadi sangat indah dan kini menjadi objek wisata unggulan. Saat ini sudah dibuka taman rekreasi yang menarik di Ranu Gumbolo. Spot-spot foto yang menawan akan membuat Anda tak sabar mengambil gambar di sini.

Jarak Waduk Wonorejo dari pusat kota Tulungagung sekitar 15 kilometer. Dari pusat kota, carilah rute menuju Kecamatan Pagerwojo. Rute ini sangat mudah ditemukan karena hanya ada satu jalan utama menuju Pagerwojo.

Setelah sampai pertigaan besar Pagerwojo, ambillah jalur ke kiri. Terus saja mengikuti jalan utama dan jalan tersebut akan menuju dua jalur utama. Jika jalan ke kanan Anda akan menuju Ranu Gumbolo. Jika ke kiri menuju pintu masuk Waduk Wonorejo.

Saat ini tidak terdapat angkutan umum menuju ke Wonorejo. Anda bisa dengan mudah memakai kendaraan roda dua maupun roda empat menuju ke sana karena jalanan sudah relatif bagus. Perjalanan menuju wilayah Pagerwojo juga sangat menyenangkan karena di kanan kiri diliputi pemandangan persawahan terasering di kaki perbukitan.

Jangan lupa menjadi wisatawan yang peduli lingkungan dengan selalu menjaga kebersihan, ya!

Tinggalkan Balasan