Ayam Lodho, Gurih Ayamnya Tiada Tanding

27 Agu 2017
2381
0

Jika berkesempatan jalan-jalan di Kabupaten Tulungagung, Anda akan dengan mudah mengenali salah satu kuliner yang paling populer di sana. Ya … Ayam lodho. Hampir di sepanjang jalan yang ada di Tulungagung akan ada warung-warung yang menyediakan olahan ayam berbumbu kuning nan lezat ini.

Kalau Anda kesulitan memilih ke mana harus menikmati sajian ayam lodho di Tulungagung, cobalah ke warung Bu Kasnan. Warung ini membuka sejumlah cabang, salah satunya berlokasi di Jalan Jl. Jayeng Kusuma No. 22. Anda tidak akan susah mencari lokasinya karena masih di kawasan kota.

Di kawasan Tulungagung, warung ayam lodho Bu Kasnan ini terbilang legendaris. Warung sudah berdiri sejak 20 tahun silam dan konsisten menyajikan menu ayam lodho. Yang paling spesial adalah lodho ayam kampung dan lodho ayam bakar bumbu kecap.

Ciri khas ayam lodho adalah proses memasaknya yang berbeda dibanding masakan ayam yang lain. Daging ayam kampung yang dipanggang terlebih dahulu sebelum diolah dengan aneka bumbu dan rempah seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, sereh dan kadang juga jintan hitam. Siraman santan membuat bumbu meresap ke dalam daging ayam panggang yang melunak. Biasanya disajikan dengan citarasa pedas cabe rawit merah yang memanjakan lidah penikmatnya.

Bayangkan menyantap ayam berbumbu kuning bersama daun singkong rebus, kacang panjang, urap kelapa, lalap timun, dinikmati bersama nasi putih yang mengepul. Hmmm… Gurihnya tiada tanding! Sekali mencoba dijamin kangen dan kembali esok hari!

Sejumlah warung biasanya menyediakan menu ayam lodho dengan porsi tertentu. Di warung Bu Kasnan, ayam lodho ada yang disajikan utuh (satu ekor ayam yang cocok untuk sekeluarga) dan disajikan potongan. Seporsi ayam lodho utuh harganya di kisaran Rp.60.000 sampai Rp 70.000 rupiah, sedangkan ayam yang dipotong dijual di kisaran harga Rp 15.000 sampai 20.000 per porsi.

Tunggu apa lagi? Pastikan mampir kalau ke Tulungagung, ya!

Tinggalkan Balasan