Normalisasi Saluran Irigasi, Wujud Program Padat Karya Tunai di Panggungrejo

30 Nov 2018
1286
0

Pengentasan kemiskinan merupakan program yang tetap harus ada dan dijalankan oleh pemerintah pusat sampai daerah. Tak terkecuali pemerintah desa sebagai ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Salah satu program yang dapat mendukung upaya tersebut salah satunya adalah Program Padat Karya Tunai (PKT). Dalam program ini masyarakat diajak untuk berdaya dalam kegiatan pembangunan desa.

Desa Panggungrejo Kecamatan Kauman, Program Padat Karya Tunai (PKT) dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 18 November 2018 dengan kegiatan normalisasi dan perbaikan saluran irigasi sawah.

Kegiatan ini dipilih dengan harapan bahwa manfaat dari kegiatan tersebut dapat langsung dirasakan baik masyarakat peserta program maupun masyarakat petani secara luas mengingat lahan pertanian produktif di Desa Panggungrejo masih tergolong luas.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diikuti oleh puluhan petani dan warga kurang mampu serta dihadiri seluruh unsur Pemerintahan Desa Panggungrejo. Hadir dalam kegiatan ini dari unsur Pemdes, BPD, LPM, RT/RW, Karang Taruna dan tidak ketinggalan unsur TP-PKK Desa.

Hadir pula pada kegiatan ini personel dari Koramil 0807/13 Kauman sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi dalam kegiatan desa binaan. Kegiatan ini menyerap anggaran dari Program Dana Desa tahun anggaran 2018. Target volume sepanjang 170 meter.

Berkat kesungguhan dan keseriusan semua pihak, khususnya para peserta program, kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Panggungrejo dapat berjalan dengan baik, lancar, dan bisa dikategorikan berhasil dengan mencapai target yang telah dicanangkan bahkan melampauinya.

Mengingat penting dan besarnya manfaat dari program Padat Karya Tunai ini, juga kebutuhan masyarakat akan sarana dan prasarana irigasi, Pemerintah Desa Panggungrejo bertekad untuk terus melaksanakan Program Padat Karya Tunai (PKT) ini secara berkelanjutan pada tahun anggaran berikutnya sampai dirasa cukup.

Dukungan dari seluruh pihak selalu diharapkan tentunya untuk kelancaran dan kesuksesan program tersebut dan juga program lainnya, khususnya dukungan dari segenap warga Desa Panggungrejo. Dengan kepedulian dan kesadaran seluruh warga desa, maka semua program pemerintah desa akan lebih mudah dilaksanakan, tujuan akan lebih mudah dicapai.

Rasa peduli dan kesadaran inilah yang harus terus menerus ditanamkan dan ditumbuhkembangkan di masyarakat agar masyarakat bisa “rumangsa handarbeni” terhadap desa tempat tinggalnya dan tidak hanya membebankannya kepada Pemerintah Desa.

Dengan demikian diharapkan pembangunan di Desa Panggungrejo dapat berkembang dengan pesat dengan mengedepankan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk mencapai tujuan bersama masyarakat Desa Panggungrejo yang sejahtera dan berkeadilan.

Tinggalkan Balasan